Sunday, November 6, 2011

BAB III


Metodologi penelitian


Penjualan merupakan proses pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Penjualan bertujuan untuk mencapai hasil pengembangan usaha yang direncanakan sampai batas kemampuan terbaik bagi kelompok penjual. Penjualan yang dilakukan efektif dan efisien sangat diperlukan dalam upaya untuk mencapai kondisi perusahaan yang sehat dan berkembang.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan antara penjualan tunai, penjualan kredit, dan penjualan melalui lembaga leasing, sehingga dapat diketahui persentase masing-masung penjualan dalam 1 tahun. Metodologi penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan pihak yang terkait. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran bagi perusahaan dalam menentukan kebijakan terbaik untuk para pelanggannya dalam melaksanakan penjualannya. Dan bagi penulis dapat bermanfaat sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama masa studi serta memenuhi persyaratan gelar Ahli Madya.
Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah tingkat persentase penjualan Sumber Jaya Sakti Motor, baik penjualan tunai, kredit, maupun leasing. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis perbandingan harga total masing-masing penjualan dengan volume penjualan.Dalam 1 tahun terdiri dari 12 bulan. Total penjualanm tunai tahun 2003 sebesar Rp.278.590.000 dan tahun 2004 Rp.393.880.000. Total harga penjualan kredit tahun 2003 sebesar Rp.229.075.000 dan tahun 2004 Rp.336.078.000. Total harga penjualan melalui lembaga leasing tahun 2003 sebesar Rp.587.380.000 dan tahun 2004 Rp.813.975.000. Volume penjualan tahun 2003 sebesar Rp.1.095.045 sedangkan volume penjualan tahun 2004 sebesar Rp.1.543.933.000. Dari analisis perbandingan tersebut diperoleh hasil bahwa Sumber Jaya Sakti Motor pada tahun 2003 dan 2004 mengalami penjualan paling besar melalui leasing (53,64% dan 52,72%).Berdasarkan bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa analisis mengenai penjualan Sumber Jaya Sakti Motor yang ternyata penjualan yang paling besar adalah penjualan melalui lembaga leasing. Berdasarkan analisis tersebut di atas maka diajukan saran-saran sebagai berikut: Sumber Jaya Sakti Motor sebaiknya bekerja sama dengan lebih banyak lagi lembaga leasing, agar penjualan melalui lembaga leasing semakin meningkat. Untuk meningkatkan penjualan tunai sebaiknya Sumber Jaya Sakti Motor mengambil laba yang tidak terlalu tinggi.

http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

No comments:

Post a Comment