Judul:Pengaruh Kondisi Pasar Terhadap Keadaan Psikologis Konsumen
>>Pengarang :L.Whisnu Hargo S, Msi,Phd
>>Tahun:2008
Tema : Perbandingan Jumlah Dan Jenis Belanja Antara Beberapa latar belakang konsumen yang berbeda
Latar Belakang : Dari beberapa hari pengamatan terhadap macam – macam perilaku konsumen yang terjadi di pusat grosir blok A Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, terlihat sebuah fenomena bahwa ada perbedaan korelasi yang sangat singficant antar jenis belanjaan, jumlah belanjaan, bahkan hingga warna belanjaan. Dilihat dari suku dan Ras konsumen. Orang – orang atau konsumen dengan warna kulit hitam misalnya cenderung berbelanja baham – bahan pakaian dan dalam jumlah relatif banyak dengan kecenderungan warna terang, ataupun dove. Kemudian Orang – orang yang berkulit sawo matang cenderung belanja warna gelap, lalu Orang – orang (konsumen) yang berkulit cerah, berbelanja warna terang dengan jumlah yang relatif sedikit disbanding dengan komsumen berkulit gelap. Jenis belanjaanyapun berbeda sebagai contohnya barang – barang jadi, kemeja, celana, ataupun kaos. Keadaan gedung di blok A antara masing – masing lantai di sanapun terdapat perbedaan, jenis perilaku dan asal konsumennya. Di beberapa lantai orang cenderung sangat agresif membeli barang – barang dengan penawaran yang tidak terlalu ketat seperti di tempat lain.
Riset : 1. Perilaku membeli konsumen 2. Jenis – jenis barang yang cenderung laris 3. Latar belakang konsumen 4. Kondisi dan keadaan pasar dan pengaruhnya terhadap konsumen.Masalah: Apakah keadaan pasar latar belakang konsumen mampu mempengaruhi konsumerisme dan jenis – jenis barang konsumsi yang dibutuhkan.
Tujuan penelitian: Saya ingin mengetahui perbedaan perilaku konsumen jika ditinjau dari sudut Psikologis dan Ekonomis terhadap jenis barang konsumsi yang mereka beli dan jumlahnya.
dian ayuningtiyas
No comments:
Post a Comment